Evaluasi Dampak Program Pendidikan Karakter terhadap Perilaku dan Perkembangan Anak Usia Dini di TKIT Al-Adzkiya

Evaluasi Program

Authors

  • Ahmad Syukron Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nusantara Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i1.293

Keywords:

Evaluasi, Dampak, Pendidikan karakter, Perilaku, Anak usia dini

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pondasi penting dalam membentuk generasi muda yang berintegritas dan bermoral. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai dampak program pendidikan karakter di TKIT Al-Adzkiya terhadap perilaku dan perkembangan karakter anak usia dini (4-6 tahun). Program ini mengintegrasikan penanaman nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Evaluasi akan menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) dengan data kualitatif dan kuantitatif dari berbagai sumber seperti guru, orang tua, dan anak-anak. Konsep pendidikan karakter anak usia dini, program TKIT Al-Adzkiya, serta faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan perilaku dan karakter anak akan dibahas. Evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat keberhasilan program, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan di masa mendatang.

Downloads

Published

2024-08-21