PERAN GURU DALAM CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK PERTIWI TAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i2.297Keywords:
Berbicara, Guru, MeningkatkanAbstract
Pendidikan anak usia dini memiliki adalah salah satu jenjang pendidikan yang penting untuk diperhatikan bersama-sama. Karena melalui pendidikan anak usia dini maka kita dapat mencetak calon generasi hebat penerus bangsa dengan bahasa yang cakap. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui cara guru memberikan cerita melalui media buku cerita bergambar hewan, mengetahui respon anak terhadap cerita yang di berikan, mengetahui kemampuan berbicara anak setelah dilakukan bercerita oleh guru melalui media buku cerita bergambar hewan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu, cara guru dalam memberikan materi dengan metode cerita bergambar hewan dilakukan dengan persiapan yang cukup matang, hal ini memberikan kesan yang baik bagi para siswa sehingga mereka tampak menikmati proses pembelajaran yang dilakukan. Respon anak-anak sangat baik karena mereka dapat mengekspresikan materi yang sudah dipelajari dan dapat menceritakan hewan yang dipelajarinya. Kemudian kemampuan berbicara anak setelah dilakukan bercerita oleh guru melalui media buku cerita bergambar hewan yaitu mereka selalu berlomba menyebutkan nama hewan, menirukan suara hewan yang ditunjuk oleh guru dan dapat menebak nama makanan dari hewan tersebut.
Kata Kunci: Berbicara, Guru, Meningkatkan