Penerapan “Ice Breaking” terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD An-Nur

Authors

  • Khairunnisa Ulfadhilah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Salsabila Dwi Nurkhafifah Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v3i1.360

Keywords:

Application of Ice Breaking, Learning Concentration, Children

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknik ice breaking dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak-anak di PAUD An Nur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru dan anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking secara signifikan dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak. Aktivitas ice breaking yang dilakukan sebelum pembelajaran terbukti mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan antusiasme siswa. Selain itu, guru melaporkan peningkatan interaksi antar siswa, yang berdampak positif pada pengalaman belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan agar metode ice breaking diintegrasikan secara rutin dalam kegiatan belajar mengajar di PAUD An-Nur untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif dan efektif bagi perkembangan konsentrasi anak.

Downloads

Published

2025-05-17