KEDUDUKAN PROFESI GURU DALAM TINJAUAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v2i1.362Keywords:
Profesi, Guru, IslamAbstract
Artikel ini membahas kedudukan profesi guru dalam tinjauan Islam, dengan fokus pada pengertian, tugas, kinerja, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Secara etimologis, guru memiliki berbagai istilah dalam bahasa Arab seperti mu'addib, mu'allim, muraabi, ustadz, dan mudarris, yang masing-masing mencerminkan aspek pendidikan, moral, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam Islam, profesi guru dianggap sebagai bentuk jihad dalam menegakkan agama dan memelihara masyarakat, yang tercermin dalam perintah untuk memperdalam ilmu agama, seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah At-Taubah [9]:122. Tugas utama guru mencakup mendidik, mengajar, dan melatih, yang mengharuskan mereka untuk memiliki kompetensi dalam berbagai aspek, termasuk pengajaran, perencanaan pembelajaran, manajemen kelas, dan pengembangan siswa. Kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti penguasaan materi, kemampuan mengajar, manajemen kelas, hubungan dengan siswa, serta penggunaan teknologi dan sumber daya pembelajaran. Selain itu, motivasi, dukungan administratif, dan lingkungan kerja juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Dalam konteks ini, artikel ini menekankan bahwa guru bukan hanya profesi yang berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang berkontribusi terhadap pembangunan peradaban yang berkualitas. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang mendukung profesionalisme guru untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.