IMPLEMENTASI ETIKA GURU MENURUT PANDANGAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v2i1.363Keywords:
Implementasi, Etika, Guru, IslamAbstract
Artikel ini membahas implementasi etika guru menurut pandangan Islam dalam konteks pendidikan. Pola pikir guru yang berkualitas mempengaruhi cara mereka mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Dalam Islam, pendidikan dipandang sebagai ibadah yang membawa manfaat vertikal dan horizontal, yakni mendekatkan diri kepada Tuhan dan memberi dampak positif bagi masyarakat. Beberapa aspek penting yang memengaruhi pola pikir guru termasuk keyakinan terhadap potensi siswa, pemahaman terhadap proses pembelajaran, serta sikap terbuka terhadap perubahan dan kolaborasi. Guru juga diharapkan dapat mengembangkan motivasi siswa dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan meliputi pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, berbasis masalah, inkuiri, dan aktif, yang bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih holistik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Artikel ini menekankan pentingnya guru sebagai fasilitator yang tidak hanya mengajarkan materi tetapi juga membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.