MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIVISME SOSIAL

Authors

  • Fatimatuz Zahra Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i1.365

Keywords:

Pembelajaran kognitivisme sosial, interaksi sosial, keterampilan sosial, model pembelajaran, kolaborasi, komunikasi.

Abstract

Model Pembelajaran Kognitivisme Sosial adalah pendekatan dalam pendidikan yang menekankan interaksi antara kognisi, lingkungan sosial, dan perilaku dalam proses belajar. Berakar pada teori pembelajaran sosial Albert Bandura, model ini melibatkan konsep-konsep seperti observasi, modeling, dan penguatan. Pembelajaran interaksi sosial, yang dipengaruhi oleh teori Lev Vygotsky, menekankan pentingnya kolaborasi dan komunikasi dalam pengembangan pengetahuan. Model ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui interaksi yang membantu mereka memahami hubungan sosial dan menghadapi tantangan kehidupan bersama. Berbagai model pembelajaran interaksi sosial, seperti Learning Together, Teams-Games-Tournament, dan Jigsaw, mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dengan tujuan mencapai pemahaman yang lebih mendalam tentang materi. Model ini juga mendukung pengembangan keterampilan komunikasi, kemandirian, dan kepercayaan diri siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan sosial di masa depan. Meskipun memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tantangan dalam implementasinya mencakup manajemen kelas, perbedaan keterampilan sosial, dan keterbatasan waktu serta sumber daya. Peran guru sebagai fasilitator yang mendukung proses interaksi sosial sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif. Secara keseluruhan, model pembelajaran interaksi sosial tidak hanya membantu siswa menguasai materi pelajaran, tetapi juga memperkuat keterampilan sosial dan emosional yang diperlukan dalam kehidupan dan dunia kerja.

Downloads

Published

2025-03-14