Penerapan Model Kognitivisme dalam Desain Pembelajaran

Authors

  • Muhamad Rizka Saomi STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i1.366

Keywords:

Model Pembelajaran Kognitivisme, Jean Piaget, Lev Vygotsky, Robert M. Gagné, David Paul Ausubel.

Abstract

Artikel ini membahas model pembelajaran kognitivisme yang berfokus pada pemrosesan informasi dan peran proses mental dalam pembelajaran. Teori kognitivisme memandang bahwa pembelajaran terjadi melalui pengolahan informasi yang diterima, disimpan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan atau pemecahan masalah. Hal ini berbeda dari behaviorisme yang lebih menekankan pada stimulus dan respons. Pembelajaran dipandang sebagai proses aktif yang melibatkan perhatian, persepsi, memori, dan pemikiran, yang diorganisasi dalam struktur mental atau skema. Tokoh-tokoh utama dalam teori kognitivisme, seperti Jean Piaget, Lev Vygotsky, Robert M. Gagné, dan David Paul Ausubel memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pemahaman tentang pembelajaran. Piaget mengemukakan teori perkembangan kognitif yang membagi perkembangan anak menjadi empat tahap, sedangkan Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pembentukan kognisi anak melalui konsep zone of proximal development. Gagné, di sisi lain, mengembangkan model yang mengidentifikasi berbagai jenis pembelajaran dan kondisi instruksional yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Artikel ini mengulas berbagai pendekatan dan kontribusi tersebut dalam konteks model pembelajaran kognitivisme, serta penerapannya dalam desain pembelajaran yang lebih efektif.

Downloads

Published

2025-03-14