MODEL PEMBELAJARAN SISTEM PERILAKU (BEHAVIORISME)

Authors

  • Abas Abdul Jalil STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i1.367

Keywords:

Behaviorisme, Model Pembelajaran, Kondisioning, Penguatan, Pendidikan

Abstract

Model Pembelajaran Sistem Perilaku (Behaviorisme) merupakan pendekatan dalam psikologi yang menekankan pentingnya pengamatan dan analisis perilaku individu sebagai cara untuk memahami dan memodifikasi perilaku tersebut. Berdasarkan pada teori-teori yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh seperti Ivan Pavlov, Edward Thorndike, John Watson, dan B.F. Skinner, model ini mengutamakan pengaruh lingkungan dalam pembentukan perilaku. Dalam pembelajaran, pendekatan ini mengandalkan konsep-konsep seperti stimulus, respons, penguatan, hukuman, dan pembiasaan untuk memotivasi perubahan perilaku. Meskipun sangat berpengaruh dalam pendidikan, kritik terhadap behaviorisme muncul dari perspektif yang lebih holistik, seperti kognitivisme dan konstruktivisme, yang menekankan peran proses mental internal dalam memahami perilaku. Artikel ini mengulas dasar teori behaviorisme, penerapannya dalam pendidikan, serta berbagai kritik yang berkembang terhadap pendekatan ini.

Downloads

Published

2025-03-15