PEMBELAJARAN BERBASIS PENYELIDIKAN (INQUIRY-BASED LEARNING)

Authors

  • Abas Abdul Jalil

DOI:

https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i2.368

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Penyelidikan, Inquiry-Based Learning, Pemikiran Kritis, Keterlibatan Siswa, Pendidikan

Abstract

Pembelajaran Berbasis Penyelidikan (Inquiry-Based Learning/IBL) merupakan pendekatan pedagogis yang menekankan peran aktif siswa dalam menemukan dan memahami konsep melalui penyelidikan. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta kemandirian belajar. Dalam pembelajaran berbasis penyelidikan, siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga dilatih untuk bertanya, mengamati, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, serta menarik kesimpulan sendiri. Artikel ini mengulas konsep dasar pembelajaran berbasis penyelidikan, ciri-cirinya, tahapan pelaksanaan, serta manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Berbagai teori dan model inkuiri yang dikembangkan oleh para ahli seperti John Dewey, Jerome Bruner, dan pendekatan Alberta Learning dijelaskan untuk memberikan perspektif yang lebih luas dalam implementasi IBL di lingkungan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis penyelidikan tidak hanya mampu meningkatkan keterampilan akademik, tetapi juga membekali siswa dengan kemampuan berpikir analitis dan kreatif yang sangat diperlukan di era modern.

Downloads

Published

2025-03-22