PENDEKATAN EKSPERIMENTAL DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.55656/ijpiaud.v1i2.371Keywords:
Pendekatan eksperimental, penemuan terbimbing, keterlibatan aktif.Abstract
Pendekatan eksperimental dalam pembelajaran menekankan pengalaman langsung bagi siswa, memungkinkan mereka untuk memahami konsep secara lebih mendalam melalui praktik nyata, percobaan, dan eksplorasi. Pendekatan ini mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar dengan melakukan eksperimen atau simulasi yang relevan dengan materi yang dipelajari. Melalui prinsip "Learning by Doing", eksplorasi, dan penemuan terbimbing, siswa tidak hanya memahami teori tetapi juga belajar dari pengalaman langsung. Penggunaan laboratorium dan penilaian berbasis proses menjadi komponen penting dalam pendekatan ini, memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan problem-solving. Pendekatan ini tidak hanya relevan dalam pembelajaran sains, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang ilmu sosial, ekonomi, dan humaniora, menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna.



