Pengaruh Kompetensi Ekonomi Syariah Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Produk Perbankan Syariah

Authors

  • Arwani Amin staisdharma

DOI:

https://doi.org/10.55656/tjmes.v2i1.24

Keywords:

Economic Syaria Competence, Transaction Decision

Abstract

This research was a field research, using quantitative descriptive method; method of data collection was done by observation and questionnaires. Regarding the influence of the Islamic economic competence to the decision to trade using Islamic banking products, samples were taken for this researchto support the implementation of a number of 110 respondents from the study program of Economic Sharia Higher School  Islamic Segeran Pangeran Dharma Kusuma Indramayu, and from the number of respondents were given a questionnaire to be answered. Data analysis technique used was to use a statistical technique that is simple correlation technique with the technique Product Moment Correlation analysis using SPSS 15.00 version. The results of this research indicated that the correlation between the Islamic economic competence with the decision to transact in Islamic banks was 0, 915. Based on the interpretation of the correlation coefficient r value, so 0.915 including the level of relations "very strong". This showed that there was a very strong relationship between the Islamic economic competences with the decision to transact in Islamic banks.

References

Buku

Agustin, Ari Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual Esq: Emotional Spiritual Quistient Berdasarkan 6 Rukun Iman Dan 6 Rukun Islam, Jakarta: Arga Wijaya persada, 2001.

Amin, Ma‟ruf, Prospek Cerah Perbankan Islam, Jakarta: LeKAS (lembaga kajian agama dan sosial), 2007.

Antonio, Muhammad syafi‟i, Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: gema Insani, 2001.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan praktisi (edisi revisi VI), Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ascarya, Akad dan Produk Perbankan Syariah, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.

Bugin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana, 2006.

Bungin, M. Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Grenada media Group, 2006.

Darmawan, Deni, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Hasan, Ali, Marketing Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Huda, Nurul dan Mohammad Heykal, Lembaga Keuangan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.

Jurnal Gustyana indrasmitha, S.Psi, “Analisa Pengaruh Perilaku Afektif Nasabah dan Kompetensi Tenaga Penjual (Salesman) terhadap Keputusan Menggunakan Produk di PT BPR Syariah Artha Surya Barokah Semarang”, Semarang: 2012.

Karim, Adiwarman A, Bank Islam (Analisis Fiqih dan Keuangan), Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Karim, Adiwarman, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2008.

Moeheriono, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Muhammad dan Ahmad Kurniawan, Visi dan Aksi Ekonomi Islam, Malang: Intimedia, 2014.

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Munandar, Haris dan Dudy Priatna, Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Persfektif Global, Diterjemahkan Dari Karya Aslinya Principles Of Advertising : A Global Perspective, by Monle Lee dan Carla Johnson, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Nasution, Mustafa Edwin dkk, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana, 2007.

Pedoman Akademik Dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Tahun Akademik 2015.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul janah, Metode penelitian kuantitatif teori dan aplikasi, Jakarta: Rajagrafindo persada, 2005.

Priyatno, Dwi, Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) Untuk Analisis Data & Uji Statistic), Yogyakarta: MediaKom, 2008.

Qardhawi, Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta:Gema insani Press, 1997.

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2007.

Rodoni, Ahmad dan Abdul Hamid, Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Zikrul Hakim, 2008.

Sholihin, Ahmad Ifham, Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syari’ah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Skripsi Mashadi, Pengaruh Prinsip Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan terhadap Preferensi Menabung Masyarakat di Bank Muamalat Palangkaraya, Palangkaraya: 2012.

Skripsi Neila Indah Mardhiah, Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, dan Penjualan Pribadi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Muamalat, Palangkaraya: 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta, 2007. Suharsaputra, Uhar, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan) Bandung: Refika Aditama, 2012.

Suharsaputra, Uhar, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan) Bandung: Refika Aditama, 2012.

Tampubolon, Manahan P, Perilaku Keorganisasian (Organization Behavior) Perspektif Organisasi Bisnis, Bogor, Ghalia Indonesia, 2008.

Tjutj Yuniarsih dan Suwanto, Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian), Bandung: Alfabeta, 2013.

Wirdyaningsih, Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2005.

Zohar, Danah dan Ian Marshall, SQ: kecerdasan spiritual, terj. rahman Astuti DKK. Bandung: Mizan, 2001.

Internet

Http://Digilib.Petra.Ac.Id/Viewer.Php?Page=1&Submit.Y=0&Qual=High&Fn ame=/Jiunkpe/S1/Hot1/2001/Jiunkpe-Ns-S1-2001-33496031-77, diakses pada tanggal 29 Oktober 2015.

Http://Pusattesis.Com/Pengertian-Kompetensi-Para-Ahli/,diunduhpada tanggal 18 Februari 2016.

Http://www.iain-palangkaraya.ac.id/v2/profil-institusi/ diakses pada tanggal 18 April 2016.

Http://www.psb-psma.org/content/blog/iq-eq-dan-sq-dari-kecerdasan-tunggal- kekecerdasan-majemuk, diunduh pada tanggal 30 Oktober 2015.

Http://Xerma.Blogspot.Co.Id/2014/02/Pengertian-Kompetensi-Menurut-Para- Ahli.Html, diunduh pada tanggal 18 Februari 2016.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Amin, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Ekonomi Syariah Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Tasyri’ : Jurnal Muamalah Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 17-36. https://doi.org/10.55656/tjmes.v2i1.24