Upaya Pembina Pramuka Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Siswa Di MIN 2 Indramayu Sliyeg Indramyu

Authors

  • Fatimatuz Zahra Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu
  • Agus Karim STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v5i2.101

Keywords:

Pembina Pramuka dan Kemandirian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sikap kemandirian siswa kelas V MIN 2 Indramayu Sliyeg Indramayu, 2) mengetahui upaya menumbuhkan sikap kemandirian siswa kelas V MIN 2 Indramayu Sliyeg Indramayu, 3) mengetahui faktor pendukung dan kendala dalam menumbuhkan sikap kemandirian siswa kelas V MIN 2 Indramayu Sliyeg Indramayu. Jenis penelitian ini studi kasus dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data, kemudian kesimpulan. Dari hasil penelitian terdapat sebuah kesimpulan: 1) Sikap kemandirian siswa kelas V sudah baik, dibuktikan mereka mampu mengerjakan tugas dengan baik. Hal tersebut karena mereka sudah dididik sejak dini atau sejak dia memasuki kelas tingkat rendah, sehingga menurut pembina sikap kelas V cukup mandiri dengan apa yang pembina tugaskan, 2) Upaya pembina pramuka dalam menumbuhkan sikap kemandirian siswa kelas V, dengan menugaskan siswa untuk mengikuti kegiatan upacara, pionering, kemah, membuat yel- yel, pembuatan dlakbar, dan mengikuti perlombaan, dan 3) Faktor pendukung dalam menumbuhkan sikap kemandirian siswa adalah siswa yang senang mengikuti kegiatan pramuka. Kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan kemandirian antara lain: kurangnya kesadaran siswa, kurangnya sarpras dan pelatih serta dukungan dari orang tua dan pengaruh teman sebaya.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Zahra, F. ., & Karim, A. . (2023). Upaya Pembina Pramuka Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Siswa Di MIN 2 Indramayu Sliyeg Indramyu. Khulasah : Islamic Studies Journal, 5(2), 71-84. https://doi.org/10.55656/kisj.v5i2.101