Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Nenanamkan Nilai-nilai Karakter Peserta Didik Kelas X di SMA NU Juntinyuat Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.55656/kisj.v6i1.107Keywords:
character cultivation, character educationAbstract
Pendidikan agama islam adalah proses pemdidikan yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan peserta didik yang tercermin dari perilaku dan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam penanaman karakter pada peserta didik. Untuk itu, peneliti merasa perlu untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter di kelas X SMA NU Juntinyuat Indramayu. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di kelas X SMA NU Juntinyuat Indramayu. Untuk mengetahui Bagaimana solusi mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik di kelas X SMA NU Juntinyuat Indramayu. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan melakukan wawancara, dan observasi pada peserta didik dan guru. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Peran yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa disimpulkan bahwa menanamkan nilai-nilai karakter dapat melalui kegiatan kelompok dengan harapan dapat menerapkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Selain itu penerapan 7s (senyum, salam, sapa, sopan, santun, sabar dan syukur). Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter dapat dapat melalui metode keteladanan, metode nasehat, metode demonstrasi, dan metode diskusi.