Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Pelajaran Fiqh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI
(Studi pada MI Miftahul Huda Soga Tenajar Kidul Kertasemaya Kabupaten Indramayu )
DOI:
https://doi.org/10.55656/kisj.v3i2.110Keywords:
Model Pembelajaran Cooperative Group Investigation Type, Prestasi Belajar SiswaAbstract
Group Investigation merupakan model cooperative learning. Cooperative learning merujuk pada berbagai macam model pembelajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok dapat mengajarkan mereka untuk dapat melakukan hubungan sosial dengan baik sesama kawan, serta mampu mengembangkan saling percaya sesama, baik secara individu maupun kelompok. Dengan membentuk mereka dalam kelompok akan dapat mempererat hubungan persaudaraan mereka. Dan mereka juga menumbuhkan kemampuan saling membantu dan bekerja sama sesama teman. Sedangkan Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai atau ditunjukkan oleh murid sebagai hasil belajarnya baik berupa angka atau huruf serta tindakan yang mencerminkan hasil belajar yang dicapai masing-masing anak dalam perilaku tertentu. Penelitian ini ingin melihat pengaruh model cooperative learning Group Investigation Type terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI MI Miftahul Huda Soga Tenajar Kidul Kertasemaya Indramayu. Dikarenakan jumlah siswa kurang dari 100 orang, maka jumlah populasi pada penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian, atau dengan kata lain penelitian ini termasuk ke dalam penelitian survei. Penelitian ini ingin melihat tentang pengaruh model pembelajaran cooperative Group Investigation type terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas VI MI Miftahul Huda Soga Tenajar Kidul Kertasemaya Indramayu. Berdasakan hasil pengujian hipotesis di atas, diperoleh t Hitung sebesar 2,758 sedangkan t Tabel pada taraf nyata 0,05 berada pada nilai 2,0422. Dengan demikian hipotesis yang disajikan penulis diterima dan hipotesis nol ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Group Investigation Type memiliki pengaruh yang positif dengan prestasi belajar siswa di kelas VI MI Miftahul Huda Soga Tenajar Kidul Kertasemaya Indramayu.