Peran Media Massa dalam Dakwah Islam

Studi Analisa Konten Dakwah Pada Surat Kabar Media Cakra Bangsa

Authors

  • Frenky Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Hasyim Hasyim STIDKI NU Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v3i2.113

Keywords:

media massa, dakwah Islam, suarat kabar Media Cakra Bangsa.

Abstract

Dakwah, sering kali identik dengan berbicara di atas mimbar dengan menghadapi orang banyak dan menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Namun seiring perkembangan media massa, dakwah bukanlah produk yang selalu disampaikan di atas mimbar. Media massa menjadi bagian dari inovasi penyampaian pesan-pesan dakwah. Keberadaan media massa memberikan suasana baru terhadap penyampaian pesan-pesan dakwah yang lebih dinamis dan fleksibel, tentunya mengikuti perkembangan zaman. Media Cakra Bangsa adalah salah satu media massa berbentuk surat kabar yang menjadi salah satu sarana bagi para aktivis dakwah dalam menyalurkan pesan dakwahnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni dengan mengolah sumber data yang diambil dari studi pustaka dan hasil observasi serta wawancara di lapangan penelitian ini mendapatkan beberapa simpulan yakni: (1) Koran Media Cakra Bangsa sebagai penyedia informasi bagi masyarakat memiliki peran yang besar dalam dakwah Islam khusunya dalam mensosialisasikan berbagai peristiwa, opini dan berbagai hal yang memiliki nilai-nilai keislaman yang berguna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia; (2) Metode dakwah yang digunakan oleh koran MCB adalah Dakwah bit-Tadwin, Dakwah bil-Qalam dan Dakwah bil-Hikmah. Di mana MCB menjalankan dakwah sesuai dengan kapsistasnya sebagai media penyedia inforasi yang berarti dakwah yang dilakukannya dalah dengan menggunakan media tulisan yang memiliki nilai-nilai dan hikmah bagi masyarakat luas khsusunya bagi umat Islam; dan (3) Pengaruh MCB sebagai media dakwah bagi umat Islam khususnya di Indramayu terbagi menjadi 2 (dua) yakni pengaruh pada subjek yang diberitakan oleh MCB dan pengaruh pada pembaca MCB.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Mubarok, F., & Hasyim, H. (2024). Peran Media Massa dalam Dakwah Islam: Studi Analisa Konten Dakwah Pada Surat Kabar Media Cakra Bangsa. Khulasah : Islamic Studies Journal, 3(2), 16-31. https://doi.org/10.55656/kisj.v3i2.113