Transformasi Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI TBSM 1 SMK Miftahussalam Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.55656/kisj.v6i1.144Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Miftahussalm Kecamatan Cijeung Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa transformasi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning (PBL) menjadi lebih baik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Miftahussalam Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.