Analisis Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communication Technology

Authors

  • Mohammad Sabarudin Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Ibnu Imam Al Ayyubi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Haris Pancawardana SMPN 2 Parongpong
  • Desi Wulan Sari Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Melinda Astrianti Agustin Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v6i2.186

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, ICT, Jenis Kelamin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang pembelajarannya berbasiskan Information and Technology Communication berdasarkan tiga kelas dan jenis kelamin siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Parongpong dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan analisis uji Analysis of Variance untuk melihat perbedaan dan interaksi yang terjadi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 2 Parongpong dengan sampel siswa kelas VII A 32 siswa, VII B 38 siswa, dan VII C 40 siswa sehingga total siswa adalah 110 siswa. Pada penelitian ini diperoleh bahwa adanya perbedaan pada hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam yang pembelajarannya berbasis Information and Comunication Technology berdasarkan ke tiga kelas tersebut. Namun tidak adanya perbedaan yang terjadi apabila ditinjau berdasarkan jenis kelamin siswa dan interaksi yang terlihat pada ketiga kelas tersebut dengan siswa laki-laki dan perempuan. Perbedaan tersebut terjadi antara kelas VII A dengan VII B dan VII C. Namun pada kelas VII B dengan VII C tidak terdapat perbedaan yang berarti. Dengan demikian untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan analisis hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan yang dikorelasikan terhadap golongan darah siswa. Mengingat golongan darah belum banyak diteliti untuk dikoneksikan dengan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Sabarudin, M., Al Ayyubi, I. I., Pancawardana, H., Sari, D. W., & Agustin, M. A. (2024). Analisis Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communication Technology. Khulasah : Islamic Studies Journal, 6(2), 23-35. https://doi.org/10.55656/kisj.v6i2.186