Gerakan Dakwah Majelis Tabligh Muhammadiyah: Kajian Praktik Manajemen Strategi
DOI:
https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.288Keywords:
Manajemen Strategi, Majelis Tabligh Muhammadiyah, SWOTAbstract
Abstract
Strategic management is basically a management of decisions that are fundamental and comprehensive in nature, by determining how to implement programs that have been created and implemented in organizations or companies. This study aims to describe the strategic management carried out by Majelis Tabligh of PWM DIY. The research method used is descriptive qualitative, using primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data validity techniques use triangulation of data sources and triangulation of data collection. Data analysis methods used include data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.
Keywords: Strategy Management, Majelis Tabligh PWM DIY, SWOT Analysis
Abstrak
Manajemen strategi pada dasarnya merupakan pengelolaan keputusan yang sifatnya mendasar dan menyeluruh, dengan menetapkan cara pelaksanaan program yang telah dibuat dan diimplementasikan dalam organisasi maupun perusahaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen strategi yang dilakukan oleh Majelis Tabligh PWM DIY. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan mencakup koleksi data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Kata kunci: Manajemen Strategi, Majelis Tabligh Muhammadiyah, SWOT