DESAIN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA

Authors

  • Wati Karmila STAIDA Muhammadiyah Garut

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v4i1.57

Keywords:

Desain; Sekolah Menengah Atas; Pendidikan Islam

Abstract

Desain PAI di SMA merupakan sebuah kerangka, bentuk serta rancangan prosedur pengembangan serta usaha dalam keadaan sadar kemudian direncanakan dalam mempersiapkan siswa untuk kenal dan paham serta menghayati, beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah, menerapkan ajaran Islam berdasarkan pokoknya yaitu  al-Qur’an dan Hadits melewati aktivitas pengajaran, pelatihan dan bimbingan serta penerapan apa yang sudah dilaksanakan (pengalaman). Metode penelitian yang digunakan yaitu literature research atau kajian kepustakaan dimana peneliti melakukan seluruh usaha guna mendapatkan serta mengumpulkan seluruh informasi terkait permasalahan yang diteliti. Penelitian ini menyajikan berbagai teori yang berhubungan dengan teori lainnya serta ditunjang juga dengan data-data dari sumber pustaka yang menunjang khususnya mengenai Desain Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMA. Data-data yang dianalisis mengenai Desain Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMA mengacu pada sumber buku primer tersebut dan referensi-referensi lainnya yang mendunkung terhadap Desain Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMA. Pembahasan mengenai data-data yang telah ditemukan selanjutnya dianalisis agar didapatkan kesimpulan kemudian penggunaan metode analisis dengan analisis kualitatif. Pembelajaran PAI di SMA bertujuan agar keimanan dan ketakwaan dapat meningkat, melalui penanaman pengetahuan sehingga bisa dihayati dan pengalaman maupun pengamalan peserta didik mengenai  Islam agar  terbentuk muslim yang berkembang terus dalam keimanan serta ketaqwaannya kepada Allah SWT dan berakhlakul karimah baiK secara pribadi, dalam masyarakat, maupun bangsa dan negara, sehingga bisa berlanjut pada tingkat pendidikan selanjutnya.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Karmila, W. (2024). DESAIN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA. Khulasah : Islamic Studies Journal, 4(1), 14-23. https://doi.org/10.55656/kisj.v4i1.57