IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KECAKAPAN VOKASIONAL DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH

Authors

  • ulinnuha ulinnuha STAIS DHARMA INDRAMAYU

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v5i1.76

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kecakapan Vokasional, Nilai Karakter.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kecakapan vokasional di PP. Nurul Ummah meliputi 1) persiapan pesantren; 2) pelaksanaan dan nilai karakter dalam prosesnya; 3) kendala yang dihadapi pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus di PP. Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah yang meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) persiapan pesantren yakni: a) pesantren telah melakukan rapat pada tahun pelajaran baru membahas kegiatan kecakapan vokasional; b) pesantren menentukan pembimbing kecakapan vokasional dengan cara merekrut ustaz atau santri; c) pesantren telah menyediakan sarana dan prasarana kegiatan kecakapan vokasional. 2) Praktik kecakapan dilaksanakan secara individu maupun kelompok. Evaluasi untuk masing-masing program dilakukan dengan penilaian pengamatan dan praktik. Adapun nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan kecakapan vokasional yaitu, a) kecakapan desain grafis mengandung nilai karakter religius, toleransi, displin, tanggung jawab, mandiri, dan kreatif, b)    kecakapan kaligrafi mengandung nilai karakter religius, toleransi, rasa ingin tahu, kreatif, dan disiplin, 3) Kendala yang dihadapi, yaitu kurang lengkapnya peralatan kecakapan vokasional dan pesantren belum bisa menjalin hubungan kerja sama dengan pihak dunia usaha.

 

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

ulinnuha, ulinnuha. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KECAKAPAN VOKASIONAL DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH. Khulasah : Islamic Studies Journal, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.55656/kisj.v5i1.76