Peran Mediasi Dalam Menciptakan Islah Kekeluargaan Dari Konflik PAUD Bougenvile Kenanga

Authors

  • Kusyana Kusyana STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v4i2.82

Keywords:

Mediasi, Islah, Konflik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan menggali lebih dalam suatu fenomena obyek kajian berupa pemberhentian guru tenaga pendidik PAUD Bougenvile Kenangan di kabupaten Indramayu, Jawa Barat, maka analisa kualitatif tersebut dipaparkan dalam bentuk deskriptif kata-kata non simbol atau statistik. Adapun secara urutan sistematis, analisis kualitatif di penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, display data, triangulasi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Reduksi data merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian, penyederhanaan, pengabstrakkan dan transformasi data kasar yang muncul dari catatan lapangan. Reduksi data dilakukan terus menerus selama penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk menganalisis secara tajam, dan mengarahkan data berkaitan dengan fenomena pemberhentian guru tenaga pendidik PAUD Bougenvile Kenanga di kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Display data dalam penelitian ini akan menyajikan data temuan di lapangan dalam bentuk teks narasi, yakni uraian verbal dari data data fenomena pemberhentian guru tenaga pendidik PAUD Bougenvile Kenanga di Indramayu, Jawa Barat, faktor-faktor yang melatar belakangi keberadaannya, peran para mediasi yang terlibat dan struktur sosial yang dimunculkan. Setelah data terfokus dan dispesifikasikan, maka penyajian data berupa laporan dapat dibuat. Tetapi bila data yang disajikan perlu direduksi kembali, maka reduksi data dapat dilakukan kembali guna mendapatkan informasi yang lebih sesuai.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Kusyana, K. (2023). Peran Mediasi Dalam Menciptakan Islah Kekeluargaan Dari Konflik PAUD Bougenvile Kenanga. Khulasah : Islamic Studies Journal, 4(2), 1-11. https://doi.org/10.55656/kisj.v4i2.82