Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua dalam Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Ma’arif Segeran Indramayu

Authors

  • Arwani Arwani
  • Frenky Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/jpe.v4i1.176

Keywords:

parent communication; student learning motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pola komunikasi orang tua Dalam keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat Pola komunikasi orang tua (X) dan motivasi belajar (Y). Hal yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik, adapun metode penelitian ini adalah motode kuantitatif yang bersifat menganalisis data-data,Tempat penelitiannya adalah di MI Ma’arif Segeran Indramayu. Hasil penelitian diketahui bahwa pada tabel regresi Y = 11,043 > 0,464 X (motivasi belajar). Sedangkan pada tabel Coeficients diketahui bahwa thitung (pola komunikasi orang tua) adalah (5,395 >0,714), adapun nilai probabilitas sebesar 0,08 > 0,05 dengan melihat R Square = 0,510 atau jika dipersenkan sebesar 51 % sedangkan sisanya yakni 49% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi orang tua dalam keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Ma’arif Segeran Indramayu.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Arwani, A., & Mubarok, F. (2024). Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua dalam Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Ma’arif Segeran Indramayu. Jurnal Pendidikan Educandum, 4(1), 53-64. https://doi.org/10.55656/jpe.v4i1.176