Logika Berfikir Manusia dalam Konsep Matematika dan Konteks Etnomatematika

Authors

  • Torang Siregar Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55656/jpe.v1i1.181

Keywords:

Logika, Berfikir, Manusia, Konsep Matematika, Konteks Etnomatematika

Abstract

Dalam etnomatematika, matematika bukan hanya sebagai ilmu yang mempelajari kumpulan rumus dan teori yang abstrak, namun sebagai suatu praktik sosial yang mempunyai kaitan dengan konteks budaya dan sejarah tertentu. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis pengaruh logika berpikir manusia terhadap penggunaan konsep matematika dalam budaya; (2) Mengidentifikasi aspek logika berpikir manusia yang relevan dalam konteks etnomatematika; dan (3) Menjelaskan hubungan antara logika berpikir manusia dan perkembangan konsep matematika dalam masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yaitu studi pustaka. Dalam hal ini, peneliti menelusuri, mengumpulkan, dan menganalisis literatur yang berhubungan dengan etnomatematika dan logika berpikir manusia. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Logika berpikir manusia mempengaruhi penggunaan konsep matematika dalam budaya dengan cara memungkinkan manusia untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari. Aspek logika berpikir manusia yang relevan dalam konteks etnomatematika meliputi kemampuan untuk mengenali pola, menghubungkan konsep-konsep matematika dengan konteks budaya, memahami hubungan antara angka dan simbol dengan realitas budaya, serta menerapkan prinsip-prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang sesuai dengan nilai dan norma budaya. Logika berpikir manusia memainkan peran penting dalam pengembangan konsep matematika, karena manusia menggunakan logika mereka untuk merumuskan dan memahami konsep-konsep matematika.

 

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Torang Siregar. (2024). Logika Berfikir Manusia dalam Konsep Matematika dan Konteks Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Educandum, 1(1). https://doi.org/10.55656/jpe.v1i1.181