STRATEGI EFEKTIVITAS METODE BELAJAR PADA PENGHAFAL AL-QUR’AN
Strategies for The Effectiveness of Learning Methods for Memorizing the Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.55656/jpe.v3i1.287Keywords:
SD IT Al-Barokah, Menghafal Al-Qur’an, MetodeAbstract
Jenis Studi dengan menggunakan pendekatan yang mendalami penelitian metode secara deskriptif, melalui penggunaan metode secara kualitatif. Partisipan terdiri dari tujuh peserta, yaitu tiga orang pengajar dan empat orang siswa, yang penggunaanya memilih teknik purposive sampling, dengan Metode mengumpulkan data yang mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis perdata dilakukan berdasarkan konsep Miles dan Huberman secara interaktif dan berkelanjutan hingga mencapai titik kejenuhan data, melalui tahapan reduksi data-data dan juga penyajian data, dan juga menarik kesimpulan. Hasil meneliti dengan penelitian ini mengungkapkan bahwa efektivitas strategi pembelajaran penghafal Al-Quran di SD IT UNGGULAN AL BAROKAH MADANI dipengaruhi dengan beberapa faktor-faktor. Adapun faktor tersebut meliputi keterbatasan waktu untuk menghafal Al-Quran karena padatnya kegiatan dan waktu yang terbatas, kurangnya muroja’ah yang dilakukan, serta kekurangan media dan sumber belajar. Selain itu, faktor-faktor lain seperti karakteristik peserta didik, kualitas tenaga pendidik, dan lingkungan juga turut berpengaruh. Di SD IT tersebut, terdapat kendala seperti tidak adanya laboratorium khusus bahasa, sedangkan pengajaran TahfizhulQuran, itu hanya dilakukan di ruangan kelas saja, disertai dengan jumlah tenaga pendidik yang bisa di katakan kurang memadai. Untuk mengatasi kendala tersebut, sekolah dan guru telah memberikan solusi berupa memanfaatkan atas waktu luang yang diberikan, agar meningkatkan mengulang hafalannya, menggunakan alat pembelajaran supaya optimal, laboratorium bahasa di tambahkan, tenaga pendidik di tingkatkan, dan memotivasi para pelajar untuk lebih bersemangat dalam menghafalkan Al-Quran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 siti nurdilah dilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.