Pengembangan Karakter Keislaman dalam Pendidikan

Tinjauan Literatur

Authors

  • Wahyu Afriansyah Universitas Islam “45” Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55656/jpe.v3i2.289

Keywords:

Etika Islam, Pendidikan Nilai-nilai Islam

Abstract

Penelitian ini menyajikan tinjauan literatur tentang pengembangan karakter keislaman dalam pendidikan. Karakter keislaman mencakup nilai-nilai seperti ketakwaan, kejujuran, kesabaran, dan kasih sayang, yang merupakan inti dari ajaran Islam. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter ini sejak dini.  Studi literatur ini mengidentifikasi beberapa pendekatan dan strategi yang telah digunakan untuk mengintegrasikan pengembangan karakter keislaman dalam kurikulum pendidikan formal dan non-formal. Dalam konteks pendidikan formal, pendekatan ini dapat termasuk pengajaran nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran yang relevan, serta penanaman sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama. Sedangkan di pendidikan non-formal, lembaga-lembaga keagamaan dan komunitas dapat berperan dalam memberikan pemahaman mendalam tentang karakter keislaman melalui kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan. Selain itu, tinjauan literatur ini juga menggali dampak positif dari pengembangan karakter keislaman terhadap individu dan masyarakat secara luas. Penguatan karakter keislaman diharapkan dapat membentuk individu yang bertanggung jawab, beretika, dan mampu berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengeksplorasi metode-metode yang lebih efektif dalam mengembangkan karakter keislaman dalam konteks pendidikan yang beragam dan dinamis. Dengan demikian, pendidikan dapat terus menjadi wahana utama dalam memperkuat pondasi nilai-nilai keislaman yang mendalam bagi generasi masa depan.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Afriansyah, W. (2024). Pengembangan Karakter Keislaman dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Educandum, 3(2), 22-30. https://doi.org/10.55656/jpe.v3i2.289