Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Powerpoint terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas 4 di SDN Sukamurni IV Cilawu
DOI:
https://doi.org/10.55656/jpe.v5i2.400Keywords:
Discovery Learning, Media Pembelajaran Powerpoint, Kemampuan Koneksi MatematisAbstract
Penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh discovery learning berbantuan powerpoint terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas IV di SDN Sukamurni IV Cilawu. Dengan metode deskriptif kuantitatif dan mengambil sampel satu kelas, yaitu kelas IV, yang dipilih dengan teknik sampling Non-Probability Purposive. Pembeda penelitan sebelumnya adalah pada penelitian ini menggabungkan model discovery learning dengan media powerpoint. Kegiatan penelitian dilakukan selama tujuh pertemuan. Data hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis melalui uji korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan nilai r tabel sebesar 0,4256 atau memiliki hubungan sebesar 18,12%, yang mengindikasikan adanya kaitan antara penggunaan model discovery learning berbantuan powerpoint dan peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Uji regresi menunjukkan nilai f signifikan lebih kecil dari 5% (0,0482 < 0,05), sehingga kriteria yang diterima adalah Ha. yakni adanya pengaruh positif penggunaan model discovery learning berbantuan powerpoint terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas IV Sukamurni IV Cilawu, dengan persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 12,30+ 0,159X.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Mugni, Meli Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.