Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Powerpoint terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas 4 di SDN Sukamurni IV Cilawu

Authors

  • Abdul Mugni IAI Persis Garut, Indonesia
  • Meli Amelia IAI Persis Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55656/jpe.v5i2.400

Keywords:

Discovery Learning, Media Pembelajaran Powerpoint, Kemampuan Koneksi Matematis

Abstract

Penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh discovery learning berbantuan powerpoint terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas IV di SDN Sukamurni IV Cilawu. Dengan metode deskriptif kuantitatif dan mengambil sampel satu kelas, yaitu kelas IV, yang dipilih dengan teknik sampling Non-Probability Purposive. Pembeda penelitan sebelumnya adalah pada penelitian ini menggabungkan model discovery learning dengan media powerpoint. Kegiatan penelitian dilakukan selama tujuh pertemuan. Data hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis melalui uji korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan nilai r tabel sebesar 0,4256 atau memiliki hubungan sebesar 18,12%, yang mengindikasikan adanya kaitan antara penggunaan model discovery learning berbantuan powerpoint dan peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Uji regresi menunjukkan nilai f signifikan lebih kecil dari 5% (0,0482 < 0,05), sehingga kriteria yang diterima adalah Ha. yakni adanya pengaruh positif penggunaan model discovery learning berbantuan powerpoint terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas IV Sukamurni IV Cilawu, dengan persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 12,30+ 0,159X.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Mugni, A., & Amelia, M. (2025). Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Powerpoint terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas 4 di SDN Sukamurni IV Cilawu. Jurnal Pendidikan Educandum, 5(2), 80-92. https://doi.org/10.55656/jpe.v5i2.400