MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung

Authors

  • Dede Taufiq Pascasarjana UIN Sunan Gunund Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55656/jpe.v4i1.56

Keywords:

Manajemen, Supervisi Akademik, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini berawal dari kegiatan supervisi di MAN 2 Kota Bandung yang belum maksimal. Sementara kondisi pandemi covid-19 mengharuskan setiap lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran jarak jauh, dan ini menjadi persoalan serius bagaimana lembaga pendidikan bisa bertahan dan memaksimalkan kemampuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran agar tercapainya tujuan pendidikan. Model pemebelajaran di setiap sekolah menjadi PR manajemen sekolah dalam memberikan fasilitas dan solusi agar pembelajaran masa pandemi tetap berjalan dengan baik, termasuk di MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskiptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Manajemen Supervisi Akademik di MAN 2 Kota Bandung untuk beberapa komponen sudah sesuai dengan teori pelaksanaan supervisi akademik masa covid, Kedua, Kinerja Guru dalam membuat perencaan pembelajaran cukup baik, beberapa komponen yang masih harus diperbaiki, dan untuk penilaian pelaksanaan pembelajaran, belum secara maksimal dilakukan, penilaian baru dilihat ketika adanya laporan kegiatan pembelajaran oleh guru.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Taufiq, D. (2024). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Educandum, 4(1), 65-75. https://doi.org/10.55656/jpe.v4i1.56