STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH ASSUNNAH CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.55656/wjp.v1i2.303Keywords:
Strategi Guru, Karakter Sopan SantunAbstract
Penelitian ini dilandaskan oleh fenomena banyaknya siswa di zaman sekarang yang telah kehilangan karakter sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat. Penyimpangan moral dan sikap siswa akan semakin tidak terkendali apabila tidak ditangani secara serius. Melihat kenyataan saat ini, peran orang tua dan guru sangat penting dalam membentuk sikap santun pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru kelas IX dalam membentuk karakter sikap sopan santun siswa dan mengetahui karakter sopan santun siswa kelas IX di MTs Assunnah Cirebon. Tulisan ini dibuat berdasarkan ilmiah dan data lapangan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Pengumpulan data ini menggunakan analisis dokumen, wawancara dan observasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian bersifat narasi. Data yang disajikan berupa deskriptif mengenai strategi guru dalam membentuk karakter sopan santun siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Assunnah Cirebon. Proses analisis dilakukan dengan pengumpulan data oleh sumber data kemudian data direduksi. Proses mereduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih pokok-pokok informasi, kemudian penyajian data. Penyajian data dilakukan dengan menarik kesimpulan berdasarkan sumber informasi yang terkumpul. Hasil temuan ini yaitu strategi yang di lakukan guru dalam membentuk karakter sopan santun meliputi : 1) Memberi salam atau menyapa ketika bertemu guru, 2) Menanamkan pembiasaan baik dan menjadi teladan bagi siswa, 3) Menegur siswa yang tidak sopan baik dalam berbicara atau bersikap, dan 4) Memotivasi siswa agar selalu bersikap dan berbicara sopan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sikap sopan santun siswa MTs Assunnah Cirebon sudah baik. Akan tetapi perlu adanya peningkatan strategi dalam pembentukan karakter sopan santun siswa.