KONSEP MODEL PEMBELAJARAN

Authors

  • Muasromatul Azizah STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55656/wjp.v1i1.326

Keywords:

model pembelajaran, strategi pembelajaran, efektivitas belajar, karakter siswa.

Abstract

Model pembelajaran adalah pendekatan sistematis yang digunakan dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Sebagai kerangka kerja, model pembelajaran membantu pendidik mengorganisasi proses belajar-mengajar secara terstruktur, terarah, dan efisien. Pemilihan model pembelajaran yang tepat tidak hanya mempertimbangkan tujuan pembelajaran, tetapi juga karakteristik siswa, seperti kemampuan, gaya belajar, dan minat, serta konteks pendidikan yang meliputi aspek lingkungan fisik, sosial, dan budaya. Model pembelajaran memberikan panduan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, bermakna, dan menyenangkan. Beragam model pembelajaran, seperti kooperatif, berbasis proyek, dan berbasis inkuiri, dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta kemampuan kerja sama siswa. Dengan penerapan yang tepat, model pembelajaran tidak hanya berorientasi pada hasil akademik, tetapi juga mendorong pengembangan karakter, motivasi, dan potensi siswa secara holistik. Artikel ini mengkaji pengertian, ciri-ciri, serta dasar-dasar pemilihan model pembelajaran guna memberikan panduan bagi pendidik dalam merancang proses pembelajaran yang optimal. 

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Azizah, M. (2024). KONSEP MODEL PEMBELAJARAN. Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 11-17. https://doi.org/10.55656/wjp.v1i1.326