Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Murid Kelas 4A SDIT Assunnah Kota Cirebon

Authors

  • Arof Firdaus Institut Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Indramayu, Indonesia
  • Frenky Mubarok Institut Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55656/wjp.v3i2.354

Keywords:

Motivasi belajar, Hasil belajar, SDIT Assunnah Kota Cirebon

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah motivasi belajar dapat muncul karena faktor intrinsik berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita, sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah berupa penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar murid. Penelitian dilaksanakan di SDIT Assunnah Kota Cirebon, dengan memilih 22 orang murid sebagai sampel. Penelitian ini dilaksanakan 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Dimana angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar terhadap hasil belajar yang diberikan kepada guru kelas, dokumentasi kegiatan pencatatan dokumen tentang jumlah murid serta data murid kelas 4A sedangkan wawancara merupakan teknik pendukung guna memperoleh informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan hubungan motivasi terhadap hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar (X), mempunyai hubungan signifikan tehadap hasil belajar (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,99. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalahlebih besar dari rtabel (0,99 > 0,444), pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar (X) mempunyai hubungan terhadap variabel hasil belajar (Y).

References

Ahmadi, A. & Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amrih & Nashif. (2012). Motivasi dan Belajar. Yogyakarta: PT Grafindo

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & Muijo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Farhana (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD IT Al- Qur’aniyyah. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. BumiAksara.

Hamzah & Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

[KBBI] Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2024). https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Martin Handoko. (1992). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Prihartanta, W. 2015. Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya 1(83): 1-11.

Rusnawati. 2019. Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep Dasar dan Implementasinya). Jurnal Eksperimental 8(1): 50-60.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Slameto. (2009). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1992). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Syaiful Bahri Djamarah 2003. Psikologi Belajar.

Tim Kreasi Bahasa. 2005. Kamus Bahasa Indonesia: Kreasi Media.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2012. Pedoman Penulisan SKRIPSI. Makassar: FKIP Unismuh Makassar

Tiro, M. A. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, B. H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

http://amrih-emery-nashif.blogspot.com/2012/07/indikator-motivasi-belajar.html

http://neyynuraeni.blogspot.com/2013/02/pengertian-motivasi-fungsi-serta- jenis.html

http://seputarpengertian.blogspot.com/2014/04/seputar-pengertian-jenis-dan- tujuan-motivasi.html

http://www.ekaikhsanudin.net/2015/01/jenis-jenis-belajar.html#ixzz3YYxF5O1t

http://irawatiardi.blogspot.com/2014/12/hasil-belajar-dan-faktor-faktor-yang.html

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Firdaus, A. ., & Mubarok, F. (2025). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Murid Kelas 4A SDIT Assunnah Kota Cirebon. Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 1-18. https://doi.org/10.55656/wjp.v3i2.354