PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VI UPTD SDN I TUGU KECAMATAN LELEA
DOI:
https://doi.org/10.55656/wjp.v2i1.373Keywords:
Peran Guru, Peran Orang Tua, Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Pembelajaran, Sinergi, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas VI UPTD SDN I Tugu Kecamatan Lelea. Kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting dalam pendidikan agama Islam, yang tidak hanya membutuhkan pembelajaran teknis tetapi juga pembentukan karakter spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali lebih dalam tentang peran guru dan orang tua dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran signifikan dalam memberikan metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti penggunaan metode Iqro’ dan pembelajaran berbasis permainan. Guru juga memberikan perhatian lebih kepada siswa yang membutuhkan bantuan khusus dalam mengenal huruf hijaiyah dan membaca dengan tajwid yang benar. Di sisi lain, orang tua berperan sebagai pendamping di rumah, memberikan motivasi, serta menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran anak. Kerja sama antara guru dan orang tua terbukti meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, terutama melalui komunikasi yang terjalin dengan baik dan pelaksanaan pembelajaran yang berkesinambungan antara sekolah dan rumah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara peran guru dan orang tua sangat berpengaruh dalam mendukung perkembangan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa, serta membentuk kebiasaan positif yang berkelanjutan dalam kehidupan mereka.
References
Amahoru, Archisthea, dan Edi Ehyani. 2023. “PSIKOLOGI PENDIDIKAN INKLUSIF: MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG RAMAH BAGI SEMUA SISWA.” Indo-MathEdu Intellectual Journal 4(3).
Hariandi, Ahmad. 2019. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SDIT Aulia Batanghari.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(1):10–21.
Haryanto, Cosmas Gatot. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: Jejak Publisher.
Lakang, Petrus Poho, Daud Saleh Luji, dan Lanny Koroh. 2022. “Peran Guru PAK dalam Penggunaan Media Google Meet pada Pembelajaran Online di SD Negeri Osiloa Tarus Kabupaten Kupang.” Manthano: Jurnal Pendidikan Kristen 1(2):165–75.
Lesilolo, Herly Janet. 2018. “Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah.” Kenosis 4(2).
Misnan, Nurmaya Sari, Rosimah Siagian, dan Nurun Nazifah. 2021. “PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI DI RA. AN NUR MEDAN.” AUD Cendikia: Jurnal of Islamic Early Chilhood Education 1(2).
Mufid, Moh. 2021. Filsafat Hukum Ekonomi Syariah: Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Akad-akad Muamalah Kontemporer. Jakarta: Prenada Media.
Nasir, Muhammad Asri. 2022. “Teori Konstruktivsme Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits.” JSG: Jurnal Sang Guru 1(3):215–23.
Rosida, Muhammad Turhan Yani, dan Achmad Sya’dullah. 2024. “Peran Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Nilai Agama Moral dan Pencegahan Perundungan pada Anak Usia Dini.” Jurnal Sosiologi Pendidikan dan Pendidiakn IPS 2(2):111–18.
Stommel, Manfred, dan Celia Wills. 2004. Clinical Research: Concepts and Principles for Advanced Practice Nurses. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
Yusni, Rapi. 2024. “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Khidmat: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Rohman, Frenky Mubarok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.