IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN KELAS V MI HIDAYATUL MUSTAFIDIN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.55656/wjp.v3i1.375Keywords:
Metode demonstrasi, hasil belajar, pelajarn fikih, hewan kurbanAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Penyembelihan Hewan Qurban Kelas V MI Hidayatul Mustafidin Tahun Pelajaran 2024/2025) Untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Materi Penyembelihan Binatang Qurban dengan menggunakan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Penyembelihan Hewan Qurban Kelas V MI Hidayatul Mustafidin Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil siklus I yang dilihat dari hasil tes siklus I peneliti melanjutkan proses pembelajaran karena pada siklus ssebelumnya nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai nilai ketuntasan siswa yaitu mendapat 66,48% kurang dari 85%. Setelah proses pembelajaran di siklus II selesai peneliti memberikan soal tes akhir untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa teerhadap materi yang telah dipelajari pada siklus ini nilai yang diperoleh siswa ada 88,64% dan telah mencapai nilai KKM, hanya 5 siswa yang tidak tuntas dalam belajar dan 32 siswa tuntas dalam belajar. Dilihat dari hasil siklus II ini guru tidak lagi melanjutkan pembelajaran ke siklus selanjutnya. Jadi penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin pada materi penyembelihan hewan.
References
Abizar, H. (2017). Buku Master Leson Study. DIVA Press.
Halimah, S. (2008). Strategi Pembelajaran. Cita Pustaka Media Perintis.
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Persindo.
Mudiofir, A., & Rusyidiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. PT Raja Grafindo Persada.
Wisudawati, A. W., & Sulistiyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. PT Bumi Aksara.
Yunus, M. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutholi’ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.