UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS VI MI COKROAMINOTO 01 PETUGURAN
DOI:
https://doi.org/10.55656/wjp.v3i1.376Keywords:
Hasil Belajar, Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram, Strategi true or falseAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini di latar belakangi kurang kreatifnya guru fiqih di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran. selama ini dalam menggali strategi pembelajaran yang bisa dipakai untuk pembelajaran fiqih yang menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton. Sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar mengajar dan interaksi guru dan siswa, salah satu cara adalah dengan menerapkan strategi true or false dalam proses pembelajaran fiqih di kelas di kelas VI MI Cokroamioto 01 Petuguran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I dengan KKM 70 siswa siklus I hanya ada 5 peserta didik atau 34%, Siklus II 10 peserta didik atau 67% dan pada siklus III sudah mencapai 13 peserta didik atau 87%.
References
Abdurrahman, Mulyana, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008
Anni, Chatarina Tri, Psikologi Belajar, Semarang: UPT MKK UNNES, 2005
Aqib, Zainal, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendikia, 2002
Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
-----------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2006
Bahreisy, Hussein, Pedoman Fiqih Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1981
Basrowi dan Suwandi, Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Bogor: Penerbit Ghalisa Indonesia, 2008
Buchori, M., Tehnik-tehnik Evaluasi dalam Pendidikan, Bandung: Jemmars, 2007
Crow, Lester, dan Alice Crow, Human And Development of Learning, New York: American Company, t.th
Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: CV As-Syifa’, 2005
-----------------, Petunjuk Teknis Pedoman Sistem Produksi Halal, Jakarta: Depag, 2003
-----------------, Sistem dan Prosedur Penetapan Fatwa Produk Halal Majelis Ulama Indonesia, Jakarta: Depag, 2003
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, Cet. ke-1, 1993
Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Drost, Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan, Jakarta: PT Gramedia, 2005
Ghazali, Imam, Benang Tipis Antara Halal dan Haram, Surabaya: Putra Pelajar, Cet. Ke-1, 2002
Gulo, W., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo, 2002
Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009 Hasan, Karnadi, Konsep Dasar & Prosedur PTK, Buku Ajar,2013
Hasibuan, J.J., Dip. Ed dan Mudjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Cet. VI, 2004
Juus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir Al-Qur'an, t.th
Lie, Anita, Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2005
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004 Muhaimin et.al. Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2002
Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 : Panduan Pembelajaran KBK, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004
-----------------., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosda Karya, 2004 Muslich, Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
Negoro, Sutrinah Tirto, Anak Super Normal dan Pro Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 2004
Nurhadi, Kurikulum 2004 Pernyataan dan Jawaban, Jakarta: PT Grasindo, 2004
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013, Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab
Qardawi, Syekh Muhammad Yusuf, Halal dan Haram dalam Islam, Surabaya: Bina Ilmu, 1990
Soenarjo, dkk., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI, 2001
Subandijah, Perkembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. I, 2002
Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: Widya Karya, 2009
Sudiyono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Sugiono, Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta, 2007
Sumantri, Mulyani, dan Johar Permana, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana, 2001
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2001
-----------------, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogayakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Usman, Moh Uzer, dan Lilis Setiawati, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001
Wehmeier, Sally, Oxford Advanced Learner’s Dictionary, New York: Oxford University Press,2000
Winarta, Tien Ch. Tirta, Makanan Dalam Perspektif Al-Qur'an dan Ilmu Gizi, Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2006
Winkel, W.S., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 2003
Yamin, Martinis, Pengembangan Kompetensi Pembelajaran, Jakarta: UI Press, 2004
Zaeni, Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008
-----------------, dkk, Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munfaizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.