UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS VI MI COKROAMINOTO 01 PETUGURAN

Authors

  • Munfaizah Guru MI Cokroaminoto 01 Petuguran

DOI:

https://doi.org/10.55656/wjp.v3i1.376

Keywords:

Hasil Belajar, Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram, Strategi true or false

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini di latar belakangi kurang kreatifnya guru fiqih di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran. selama ini dalam menggali strategi pembelajaran yang bisa dipakai untuk pembelajaran fiqih yang menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton. Sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar mengajar dan interaksi guru dan siswa, salah satu cara adalah dengan menerapkan strategi true or false dalam proses pembelajaran fiqih di kelas di kelas VI MI Cokroamioto 01 Petuguran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I dengan KKM 70 siswa siklus I hanya ada 5 peserta didik atau 34%, Siklus II 10 peserta didik atau 67% dan pada siklus III sudah mencapai 13 peserta didik atau 87%.

References

Abdurrahman, Mulyana, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008

Anni, Chatarina Tri, Psikologi Belajar, Semarang: UPT MKK UNNES, 2005

Aqib, Zainal, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendikia, 2002

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008

-----------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2006

Bahreisy, Hussein, Pedoman Fiqih Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1981

Basrowi dan Suwandi, Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Bogor: Penerbit Ghalisa Indonesia, 2008

Buchori, M., Tehnik-tehnik Evaluasi dalam Pendidikan, Bandung: Jemmars, 2007

Crow, Lester, dan Alice Crow, Human And Development of Learning, New York: American Company, t.th

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: CV As-Syifa’, 2005

-----------------, Petunjuk Teknis Pedoman Sistem Produksi Halal, Jakarta: Depag, 2003

-----------------, Sistem dan Prosedur Penetapan Fatwa Produk Halal Majelis Ulama Indonesia, Jakarta: Depag, 2003

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, Cet. ke-1, 1993

Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Drost, Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan, Jakarta: PT Gramedia, 2005

Ghazali, Imam, Benang Tipis Antara Halal dan Haram, Surabaya: Putra Pelajar, Cet. Ke-1, 2002

Gulo, W., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo, 2002

Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009 Hasan, Karnadi, Konsep Dasar & Prosedur PTK, Buku Ajar,2013

Hasibuan, J.J., Dip. Ed dan Mudjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Cet. VI, 2004

Juus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir Al-Qur'an, t.th

Lie, Anita, Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2005

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004 Muhaimin et.al. Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2002

Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 : Panduan Pembelajaran KBK, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004

-----------------., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosda Karya, 2004 Muslich, Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009

Negoro, Sutrinah Tirto, Anak Super Normal dan Pro Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 2004

Nurhadi, Kurikulum 2004 Pernyataan dan Jawaban, Jakarta: PT Grasindo, 2004

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013, Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab

Qardawi, Syekh Muhammad Yusuf, Halal dan Haram dalam Islam, Surabaya: Bina Ilmu, 1990

Soenarjo, dkk., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI, 2001

Subandijah, Perkembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. I, 2002

Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: Widya Karya, 2009

Sudiyono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008

Sugiono, Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta, 2007

Sumantri, Mulyani, dan Johar Permana, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana, 2001

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2001

-----------------, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogayakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Usman, Moh Uzer, dan Lilis Setiawati, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

Wehmeier, Sally, Oxford Advanced Learner’s Dictionary, New York: Oxford University Press,2000

Winarta, Tien Ch. Tirta, Makanan Dalam Perspektif Al-Qur'an dan Ilmu Gizi, Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2006

Winkel, W.S., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 2003

Yamin, Martinis, Pengembangan Kompetensi Pembelajaran, Jakarta: UI Press, 2004

Zaeni, Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008

-----------------, dkk, Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2002

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Munfaizah, M. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS VI MI COKROAMINOTO 01 PETUGURAN. Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 49-68. https://doi.org/10.55656/wjp.v3i1.376