ANALISIS KEMAMPUAN MAHARATUL QIRA’AH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KEPULAUAN MERANTI
DOI:
https://doi.org/10.55656/jpe.v4i2.210Keywords:
Analysis, Maharatul Qira'ah, Madrasah Aliyah NegeriAbstract
Abstrak
Penguasaan bahasa Arab mencakup empat keterampilan yang saling berhubungan dan perlu dikuasai secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan faktor yang mempengaruhi kemampuan maharah qira’ah siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepulauan Meranti. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk menggambarkan fenomena dan fakta dalam bentuk naratif tertulis. Data dan fakta dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat variasi kemampuan maharah qira’ah di antara siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepulauan Meranti. Mayoritas kemampuan maharah qira’ah siswa tergolong rendah. Hasil tes menemukan bahwa dari 30 siswa yang menjadi sampel, 21 (70%) diantaranya tergolong dalam kategori kurang baik dalam membaca teks bahasa Arab, 6 siswa (20%) masuk pada kategori rendah, dan hanya 3 (10%) siswa yang cukup baik dalam membaca. Perlu adanya peningkatan metode, cara mengajar, bantuan media untuk menunjang kemampuan siswa tertama maharah qira’ahnya. Faktor yang mempengaruhi beragamnya kemampuan maharah qira’ah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepulauan Meranti adalah karena faktor Motivasi, Lingkungan, dan Pengajar. Motivasi merujuk pada menanamkan ke dalam mindset siswa bahwa bahasa Arab mudah dan menyenangkan dan wajib untuk dikuasai, lingkungan dan keluarga yang mendukung, dan kreatifitas guru dalam mengajar.
Kata kunci: Analisis, Maharatul Qira’ah, Madrasah Aliyah Negeri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fadhli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.