Sejarah Dan Tantangan Metode Blended Learning Di SMP Internat Alkausar Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.55656/jpe.v4i2.236Keywords:
Pembelajaran Campuran, Pendidikan, TeknologiAbstract
Pembahasan mengenai pendidikan memang tidak pernah usai, sampai akhirnya kami melakukakn penelitian tentang issu pendidikan mengenai pembelajaran berbasis informasi teknologi (IT). Kami melakukan penelitian dengan memakai metode kualitatif deskriptif, ialah penelitian yang menjelaskan tentang kejadian yang terjadi saat ini dengan apa adanya tanpa adanya perubaan dan manipulasi. Proses pengumpulan informasi yang kami lakukan menggunakan tinjauan pustaka, wawancara, observasi, dokumentasi, serta penyebaran kuesioner sebagai media pendukung dan penguat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan blended learning diawali dengan diciptakannya komputer. Sedangkan pengembangan blended learning di SMP Internat Alkausar Sukabumi diawali dengan sebuah keterpaksaan. Yakni karena adanya pandemi Corona Virus pada tahun 2019 (Covid-19) yang menyebabkan pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam pelaksanaannya banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi, namun hal tersebut tidak membuat pihak sekolah putus asa. Sampai akhirnya terciptalah kurikulum baru, yaitu pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran konvensional dan online atau bisa juga disebut blended learning. Terlepas dari kendala yang ada, ternyata banyak manfaat yang didapatkan dari pembelajaran campuran tersebut. Kami berusaha menggali informasi tersebut dengan membagikan angket yang berisi poin-poin mengenai dampak positif dan negatif teknologi kepada 28 siswi SMP Internat Alkausar, serta mewawancarai pihat terkait seperti Kepala Sekolah dan guru SMP AlKausar. Hasilnya menunjukkan bahwa dampak positif yang didapat lebih banyak dibandingkan dengan dampak negatif. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi kemajuan revolusi industri di lembaga pendidikan SMP Internat Alkausar Sukabumi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Euis Istikomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.